Pendidikan

Kurikulum pada Program Studi Biologi FMIPA UNPAM disusun dengan memperhatikan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan ketercapaian visi Program Studi Biologi FMIPA UNPAM yakni: “Program studi biologi yang berdaya saing nasional dalam bidang ekologi dan mikrobiologi pada tahun 2025 dengan pengembangan kebudayaan dan kewirausahaan”. Susunan kurikulum PS Biologi FMIPA UNPAM terdiri dari mata kuliah yang sejalan dengan pencapaian VMTS, dan kompetensi lulusan.
Kurikulum yang ada serta memberikan keleluasan ruang gerak bagi mahasiswa untuk
mendapatkan wawasan dan melatih keahlian dibidangnya.

PS Biologi FMIPA UNPAM telah memiliki mekanisme pelaksanaan proses pembelajaran dari mulai dosen memiliki RPS, Bahan Ajar, dan Modul yang selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman terutama dalam perkembangan industri serta perubahan isu-isu lingkungan. Dosen PS Biologi FMIPA UNPAM memiliki latar belakang lulusan yang sesuai dengan bidang mata kuliah yang diampu.

Pemenuhan karakteristik proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan PBL (Project Based Learning) dan CBL (Case Based Learning) serta berpusat pada mahasiswa. Program studi harus menjelaskan penerapan proses pembelajaran berdasarkan sifat-sifat tersebut untuk menghasilkan profil lulusan yang sesuai dengan capaian pembelajaran yang direncanakan dalam dokumen kurikulum. Proses pembelajaran pada PS Biologi FMIPA UNPAM dilaksanakan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Pamulang Nomor: 010/A/O/UNPAM/III/2021 tentang Pedoman Akademik Universitas Pamulang. Pelaksananaan pembelajaran di Universitas Pamulang menggunakan teknik Blended Learning sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 082/A/LL/UNPAM/II/2016 tentang Penerapan Pembelajaran Blended Learning di Universitas Pamulang yakni perpaduan antara pembelajaran daring dan luring untuk mata kuliah 3 SKS, sedangkan untuk mata kuliah 2 dan 4 SKS pembelajaran dilakukan secara luring. Poses pembelajaran secara daring dilakukan melalui laman E-Learning yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa dan dosen dengan menggunakan akun masing-masing yang telah diberikan pada saat awal perkuliahan. Berikut adalah contoh tampilan Learning Management System (LMS) di
Universitas Pamulang. 

DOWNLOAD PEDOMAN AKADEMIK UNPAM